Pages

Friday, January 13, 2006

Mengapa


Karena Gunung itu ada di sana ! Itulah jawaban George F Mallory - seorang pendaki gunung berkebangsaan Inggris, ketika ia ditanya "Mengapa Mendaki Gunung?"

Mallory yang juga seorang ahli pemetaan geologi tewas dalam usahanya mendaki puncak tertinggi di dunia - Everest, sekitar 85 tahun yang lalu. Tidak ada yang mengetahui dengan pasti, apakah Mallory berhasil mencapai puncak atau tidak. Apakah seharusnya ia yang menjadi pendaki pertama di puncak Everest atau Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay yang kembali dengan selamat dengan bukti foto puncak, 40 tahun kemudian.

Norman Edwin - anggota Mapala UI yang tewas di Aconcagua 13 tahun yang lalu, menulis sebuah buku yang berjudul "Mengapa Mendaki Gunung?" Buku ini merupakan sebuah resume yang cukup baik mengenai teknik pendakian gunung dan hidup di alam bebas. 10 tahun yang lalu, ketika saya pertama kali kecemplung di dunia pergunungan ini, saya membaca buku tersebut, terkagum - kagum dengan pola pikir Bang Norman, dan sampai sekarang, beliau masih menjadi seorang idola bagi saya.

Mengapa ? Kata tanya yang satu ini kerap kali kita gunakan dalam banyak hal. Bagi saya ini adalah hal yang wajar. Saya ingin melakukan segala sesuatu dengan alasan yang jelas, dengan motivasi yang baik. Segala sesuatu harus jelas, karena Tuhan tidak pernah bermain dadu, segala sesuatu pasti ada alasan dan pemicunya. Tidak terjadi begitu saja.

Seperti kemarin, ketika saya kembali berjalan menyusuri jalan berbatu dari Pintu Angin menuju Situ Lembang, di antara hujan dan hembusan angin malam pegunungan. Kembali memasak di dinginnya malam, dibawah gelapnya langit malam dan kembali tidur beralaskan tanah. Berkumpul kembali bersama sahabat - sahabat terbaik, yang bersama mereka saya selalu merasa menjadi ada. Saya kembali lahir.

Situ Lembang yang cantik, kutinggalkan padamu semua kepedihan masa lalu, semua tanda tanya dan ketidakpastian. Kubawa pulang kedamaian dan keceriaan. Suatu saat saya akan kembali, memberimu kabar baik buah dari keteguhan hati.

ps : buat yang kemarin nemenin ke Situ Lembang, love you all :)

No comments:

Post a Comment