Pages

Sunday, August 29, 2010

MPASI While Traveling


Tiba - tiba ingat punya "hutang" sama Jeng Anggi untuk sharing tips mengenai MPASI ketika traveling, katanya buat bekel mudik he he. Ok Nggi, ini dia, semoga belum terlambat ya.

Ditulis berdasarkan pengalaman pribadi, mudah - mudahan berguna , sekaligus persiapan buat Cici mudik ke Bandung ketika Lebaran besok. InsyaAllah Cici nanti usianya sudah 14 bulan, makannya ngga begitu susah lagi. Tapi kurang lebih sebenarnya perlengkapan perangnya sama.

Peralatan yang sebaiknya dibawa :

  1. talenan kecil
  2. pisau
  3. pemerah jeruk (soalnya Cici tiap pagi minum air jeruk)
  4. slow cooker
  5. panci kecil
  6. tempat makan dan sendok, juga bawa wadah kecil tertutup seperti lock and lock
  7. sabun cuci piring bayi
Walau sedang jalan - jalan, sebaiknya tata tertib makan bayi tetap dijaga, misalnya : berusaha sesuai jadwal biasa, jangan sampai melewatkan 2 kali waktu makan, dan usahakan pola dan menu makanan tetap sama.

Untuk kepraktisan, hindari makanan yang anyir seperti daging, ayam, dan ikan yang harus selalu disimpan di kulkas. Ganti dengan sumber protein dan lemak yang mudah disimpan seperti telur dan tempe.

Siapkan berbagai macam karbohidrat untuk menu sekali makan dalam plastik klip kecil, misalnya : beras, macaroni, dan oatmeal. Setibanya di tempat tujuan segera beli buah - buahan yang biasa dimakan bayi dan tahan lama (pisang, pepaya, jeruk, melon, alpukat), dan juga aneka sayuran (pokcoy, wortel, buncis, tomat, tauge) juga sumber protein dan lemak (tahu, telur, tempe, keju), plus aneka pelengkap seperti butter dan olive oil.

Menjelang Lebaran biasanya akan banyak makanan kecil yang mengundang selera bayi. Antisipasi dengan membuatkan biskuit khusus bayi yang bebas gula garam, atau siapkan selalu buah - buahan di dalam tas.

Selamat mudik..semoga berguna..dan tetap makan sehat ya 

nb : foto baby Cici weekend kemarin, alhamdulillah makannya sudah lebih rapih he he, pakai gelasnya udah mahir..bravo Cici

No comments:

Post a Comment