Pages

Wednesday, February 13, 2013

Iyengar Yoga

Mulai awal tahun ini saya kembali mengikuti kelas Yoga. Sebetulnya bukan kembali sih, tepatnya adalah memaksa diri sendiri untuk kembali disiplin melakukan Yoga. Tahun 2012 lalu beberapa kali saya masih sering hadir di kelas Yoga di Life Spa Arkadia. Tetapi entah kenapa saya tidak betah, karena beberapa alasan.

Akhirnya awal 2013 ini saya memutuskan untuk bergabung dengan kelas Yoga bersama teman - teman sekantor. Kebetulan juga membership saya di Life Spa habis, jadi ini merupakan keputusan yang tepat dari segi financial.

Sejak 2/3 tahunan belakangan beberapa teman di kantor rutin melakukan Yoga bersama dengan mendatangkan guru, 1 x seminggu di hari Rabu sepulang kantor selama 1.5 jam. Sempat gonta - ganti guru sampai akhirnya ketemu guru yang satu ini - Teteh, begitu biasanya kami memanggilnya. Beliau adalah certified teacher dari Iyengar Yoga.

Kelas ini unik, kami meminjam ruang serbaguna kantor kami. Rata - rata 10 sampai 15 orang yang hadir, prianya tidak terlalu banyak, maksimum 4 saja, dan sisanya Ibu - Ibu. Unik karena semua pesertanya rame, heboh dan ga bisa diem. Biasanya saya mengikuti kelas Yoga yang hening dengan alunan musik, yang satu ini jangankan hening, alunan musik saja tidak ada. Yang ada alunan rintihan dan protes dari para Ibu - Ibu :)

Selain itu pembawaan Teteh memang heboh juga, jadi ya sama, guru sama murid 11 - 12. Dengan logat Sunda-nya yang kental Teteh selalu heboh memberikan instruksi gerakan dalam berbagai bahasa, mulai dari Sunda, Inggris sampai Padang, kocak.

Tapi ternyata saya menyukai kelas ini dan sampai sekarang selalu rutin hadir tanpa bolos. Walau berisik tetapi kelas ini menenangkan dalam arti lain. Kami saling bantu - membantu melakukan gerakan yang sulit, bercanda, dan lainnya.

Dari Teteh juga saya mengetahui bahwa Yoga yang kami lakukan adalah Iyengar Yoga. Ternyata Yoga itu bermacam - macam alirannya. Aliran Iyengar ini dikembangkan oleh Guruji BKS Iyengar, beliau berasal dari India dan saat ini umurnya 95 tahun, living legend. Sehat walafiat dan masih mengajar dan melakukan Yoga secara teratur. Saya belum banyak tahu mengenai Iyengar Yoga ini, nanti kita bahas lagi kalau sudah ada ilmu baru ya.

Guruji Iyengar berpose Nirl - Sirsasana, amazing
source pic : http://www.bksiyengar.com/modules/Guruji/zoom.asp?recno=12&Selection=Practice
Akhirnya selepas kelas malam ini saya bertanya mengenai rekomendasi kelas Yoga tambahan di akhir pekan, dan Teteh menyarankan saya bergabung di Iyengar Yoga Institute Indonesia di Kemang. Can't wait for the weekend, semoga bisa tetap semangat. 

Lebih lanjut mengenai Iyengar Yoga di Kemang, silakan mampir disini ya : http://www.iyengaryogaindonesia.com/

1 comment: