Pages

Wednesday, May 21, 2014

Gudeg Yogya Pertama

Katanya selalu akan ada saat - saat pertama seperti juga tidak ada hal yang tak mungkin :). Dan saya percaya itu betul lho. Dan betul juga bahwa situasi yang serba terbatas akan memaksa kita untuk bisa ho ho.

Sebetulnya dari dulu saya memang suka masak, tapi ya sebatas masak untuk sehari - hari. Menu makanannya pun itu - itu saja. Hidup hanya bertiga dengan 1 balita yang makannya belum macam - macam membuat saya malas. Terkadang lebih murah beli daripada masak sendiri. Belum lagi masakan pasti bersisa, sayang kan.

Itu dulu, sewaktu kami tinggal di Jakarta. Ketika uang 10 ribu rupiah cukup untuk beli bakso malang di dekat rumah. Pengen makan nasi goreng tinggal naik motor ke warung tenda, ga sampai 5 menit. Di sini semua tinggal mimpi.

Tapi ternyata menyenangkan, dengan segala keterbatasan membuat saya mencoba hal - hal baru lho. Sejak tinggal di Kuala Lumpur saya jadi lebih rajin masak hehe, selain karena perlu juga karena punya waktu lebih banyak, alhamdulillah.

Aduh kepanjangan cerita haha, maaf. Jadi ceritanya minggu lalu suami kangen makan gudeg. Kangen kok susah ya, di Jakarta dulu aja kayanya ga pernah tuh kepengen makan gudeg. Dipikir - pikir memang enak tapinya, apalagi gudeg asli Yogya buatan Yu Djum, asli enak. Ternyata udah lama juga ngga makan gudeg, terakhir sepertinya tahun 2008 sewaktu kami ada di Yogya.

Dengan semangat 45 akhirnya saya browsing resep, dan nemu resep jagoan dari Mba Diah Didi yang blognya bagus bangettt (I love you Mba haha). Resep gudeg Mba Diah ini lengkap sekali dan nampaknya ga susah. 

Menurut Mba Diah, untuk membuat gudeg yang enak minimal perlu 2 hari, biar gudegnya bisa merah kehitaman semacam pakai daun jati. Karena niatnya mau dimakan hari Sabtu, jadi buat gudegnya dimulai hari Kamis :)

Alhamdulillah ternyata memang ga susah. Hari Sabtu udah tampak cantik gudegnya, disambung masak opor ayam dan sambal goreng krecek. Kreceknya dapat beli di Pasar Chow Kit, mahal nya, 1/2 kg krecek mentah harganya 17 Ringgit. Ndak papa lah sesekali. Kacang tolo nya ngga nemu. Jadi diganti dal - kacangnya orang India.

Tapi semua kesulitan terbayar sudah, semua doyan gudegnya, alhamdulillah :)
Semakin semangat masak - masak lagi.

Resep Gudeg komplit Mba Diah Didi ada di sini, monggo pinara.

gudeg pertamaku

3 comments: