Pages

Wednesday, January 30, 2013

Tentang Minyak Goreng

Hari gini ngomongin minyak goreng ? haha biar saja, soalnya saya lagi bahagia karena minyak goreng. Alhamdulillah di rumah sekarang punya stock Barco 8 L yang dibeli dengan harga miring : rata - rata menjadi 18 rb saja per liternya. 2L dibeli dengan harga sangat mahal karena kepepet, beli di Hero yang harganya 57.500 per 2L hiks. Sedangkan 6L lainnya dibeli dengan harga diskon, buy 2 get 1 free, seharga 20.700 per 1L di Alfa Mart. Hore hidup Alfa. Sayang promonya hanya sampai hari ini, dan lucunya di dua Alfa yang saya kunjungi stocknya hanya ada 3L. Tapi alhamdulillah, cukuplah 8L ini sampai 4 bulan ke depan, bagi - bagi rejeki juga sama orang lain.

Barco, minyak goreng kelapa yang dipercaya sejak tahun 1950
Harga normal si Barco ini memang cukup mahal, harganya di atas rata - rata merk minyak goreng lainnya di pasaran. Biasa saya beli di pasar tradisional dengan harga 40 rb per 2L. Sedangkan kalau di Alfa Mart atau Hypermart sekitar 49 rb per 2L. Kalau belanjanya di Hero lebih sadis lagi, 57.500 per 2L, bikin ga pengen goreng - goreng jadinya.

Barco ini sudah menjadi sahabat baik sejak saya mulai hidup mandiri di Balikpapan beberapa tahun silam. Pertama kali kenal dari Ibu kost dan langsung jatuh cinta. Padahal di Balikpapan itu jarang banget nemu si Barco, yang jual hanya di Susana, itupun jarang ada, kalaupun ada harganya ajaib mahal.

Kenapa musti si Barco sih ?
Karena Barco itu minyak kelapa, bukan minyak kelapa sawit. Mungkin banyak yang salah kaprah menganggap minyak goreng yang biasa kita pakai itu berasal dari kelapa. Betul kelapa, tetapi kelapa sawit. Produk minyak yang dihasilkannya berbeda jauh.

Penasaran tentang minyak goreng dan saya coba tanya Om google, ternyata menarik juga. Dalam proses menggoreng, fungsi utama minyak adalah sebagai penghantar panas. Fungsi tambahannya adalah sebagai penambah rasa, nilai gizi dan kalori tentunya. 

Dalam artikel di Kompasiana ini disebutkan bahwa produk terbaik minyak goreng adalah minyak kelapa. Minyak kelapa merupakan jenis asam lemak jenuh, memiliki sifat stabil walaupun dalam temperatur tinggi. Ia tidak cepat beralih rupa menjadi asam lemak atau trans-fat karena lebih banyak mengandung MCFA (medium chain fatty acid) atau asam lemak rantai sedang . Kandungan asam lauratnya lebih dari 50 persen seperti yang terdapat pada air susu ibu. Asam laurat ini dapat membunuh berbagai kuman, virus, dan parasit. Sedangkan molekulnya terdiri atas 12 atom karbon yang diikat jenuh (tidak ada ikatan ganda). Bonus sampingannya minyak kelapa tidak mudah mengalami oksidasi sehingga tidak mudah menjadi tengik. 

Mengapa bukan minyak kelapa sawit ?
Minyak kelapa sawit sangat tidak disarankan untuk dipakai menggoreng. Salah satu artikel di sini menyatakan bahwa minyak kelapa sawit mengandung lebih banyak LCFA (long chain fatty acids) atau asam lemak rantai panjang. Ukuran molekulnya besar - besar sehingga perlu diproses dulu menjadi asam lemak berukuran kecil dan berbentuk asam lemak bebas agar dapat diserap melalui dinding usus. Setelah lolos dari dinging usus, asam lemak bebas ini disusun kembali menjadi lipoprotein kemudian dibawa ke hati. Di sana diubah menjadi energi, kolesterol dan sisanya ditimbun menjadi jaringan lemak..hiii. Inilah penyebab berbagai penyakit kronis, degeneratif maupun kanker. 

Dan menurut penelitian, ternyata minyak yang paling rendah kandungan LCFA-nya adalah minyak kelapa, hanya 2 % saja. Tabel di bawah ini dapat menjelaskan kandungan asam lemak di setiap jenis minyak yang kita kenal di pasaran.

Tabel Asam Lemak
Sumber : http://rumahkanker.com/pencegahan/pencegahan/69-minyak-goreng-yang-aman
Mudah - mudahan sudah cukup jelas ya :) Pastinya yang terbaik adalah menghindari gorengan. Tapi kalau belum bisa membuang tahu goreng dari menu sehari - hari, mari kita beralih ke minyak kelapa. Salah satunya si Barco itu, harganya memang lebih mahal, tapi segi positifnya juga ada lho. Kita akan "terpaksa" mengurangi pemakaian minyak goreng di rumah agar hemat.

Sebisa mungkin hindari minyak kelapa sawit, yang berarti kurangi jajan di luar hehe, apalagi jajan gorengan. Bukan saja kelapa sawit, margarine sebaiknya juga dihindari. Margarine adalah bentuk padat dari minyak kelapa sawit. Pembuatannya dengan cara memanaskan minyak kelapa sawit hingga mencapai temperatur tinggi hingga minyak berubah dari sifat cairnya menjadi padat. Ironisnya karena mentega alias butter itu cukup mahal, maka banyak pembuat roti dan kue di pasaran mengganti mentega menjadi margarine. Hmm, satu alasan lagi untuk tidak jajan di luar.

Quote menarik saya temukan artikel yang sama :
Mengapa orang Indonesia sakit kanker ?
"Indonesia sangat kaya tanaman berkhasiat antikanker, jauh lebih kaya daripada Cina, dan lebih bagus mutunya. Tetapi mengapa angka kejadian kanker di Indonesia lebih tinggi daripada Cina? Karena orang Indonesia suka sekali makan gorengan..."
(Prof. Dr. Li Peiwen, ahli kanker & obat tradisional senior Cina.)
Terbukti nenek moyang kita itu sangat hebat ya, sayangnya tradisi membuat minyak kelapa perlahan mulai hilang. Hutan hutan subur berkayu keras di negeri ini berubah menjadi hutan kelapa sawit. Cara cepat menjadi kaya, tetapi semoga saya tak pernah tergoda menjadi pengusaha sawit.

76 comments:

  1. Awalnya sy cek darah dan diketahui kolesterol saya ada di angka 265 mg/dl, trus dikasih simvastatin 1 bulan, trus berenti, tapi terus minum lokoltea dan tidak makan gorengan or sumber kolesterol lainnya, lalu 2 bulan berikutnya (jadi total 3 bulan) sy cek darah lagi kolesterol 225 mg/dl ada penurunan, kt dokternya masih suka makan gorengan ya?. Gorengan sudah tidak tapi memasak di rumah masih pake m.sawit seh. Trus sy cari di google n ketemu banyak ulasan soal minyak kelapa, dan singkat cerita sy ganti m.sawit jadi m.kelapa merk "b***o" empat minggu kemudian sy cek darah lagi, gubrakk koleterol koq jadi 290 mg/dl padahal sdh diet plus olah raga cing. gak ngerti nih salah dimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya ? wah saya baru tahu..tapi selama ini alhamdulillah kami selalu di bawah 200..kenapa ya ?

      Delete
    2. udah sebulanan ini aku pake Barco lho, May...
      gara2 ada temen yg nawarin beli, makin banyak yg beli makin gede diskonnya, ceunah. Kmrn beli 2 derigen @ 5 liter, 180 rebu sajaaaa...!
      dan iyaaa... gorengans jadi makin enyaaakkk.. and no guilty feeling pas makannya juga. :)

      Delete
    3. beneran kan jadi enak..dan yang pasti lebih sehat :)

      Delete
    4. Maaf, nggak ada hubungan anda makan minyak kemudian kolesterol tinggi. Tapi anda konsumsi gula yang menyebabkan kolesterol tinggi. Makan lemak tidak akan menjadi lemak (kecuali buanyaaak), tapi makan Karbohidrat terutama fruktosa tinggi yang menjadi lemak. Salam sehat. Menurut saya konsumsi aja minyak kelapa, tapi kurangi karbohidrat (fruktosa), niscaya kolesterol turun. Tapi ingat tidak semua kolesterol jelek.

      Delete
    5. menurut saya, yang salah adalah proses penggunaan minyaknya. dengan suhu tinggi akan merusak minyak kelapa tersebut jadi lemak jahat. menggoreng salah satu pengunaan minyak dengan suhu tinggi, mau di ganti minyaknya tetap saja gorengan yang di goreng dengan suhu tingi adalah makanan mati. ya memang harus kurangi gorengan, ganti minyak sehat kok malah makin banyak makan gorengan... GUILTY ! NO EXCUSE !

      Delete
    6. Hati manusia memproduksi kolesterol secara alami, jika Anda telah diet makanan yang mengandung kolesterol namun kolesterol Anda tetap tinggi, maka ada kemungkinan kolesterol tersebut berasal dari hati Anda. Tubuh biasanya bisa mendeteksi kolesterol ini dan melakukan mekanisme pengurangan, namun ada kalanya mekanisme ini terganggu, saran saya lakukan full checkup dan kunjungi dokter spesialis hati.

      Delete
  2. kalau perlu minyak Barco bisa hubungi saya, Yoseph di 08569889306. Khusus wilayah jabodetabek saja, murah, dan diantar. Saya ada channel langsung ke pabrik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih infonya Mas Yoseph, kebetulan masih ada stock, nanti saya kontak - kontak ya, thx

      Delete
    2. Silakan bu May, saya tunggu ya :).

      Sekalian menanggapi yang lain bu, Minyak kelapa jelas sangat baik untuk menggoreng dibandikan dengan minyak sawit. Coba dicek untuk menggoreng dengan kedua minyak, mana yang lebih cepat hitam, minyak kelapa atau minyak sawit? Jelas minyak sawit lebih cepat hitam. Selain itu kita dapat membuktikan bahwa menggoreng dengan minyak kelapa hasilnya lebih kering dan tidak berminyak di gorengannya. Itu meminimalisasi kadar minyak dalam gorengan yang dimakan, juga penggunaannya lebih hemat karena tidak cepat hitam dan tidak menempel pada gorengan.

      Sekadar info, jenis makanan yang kita makan setiap hari juga mempengauhi tinggi rendahnya kadar kolesterol dalam tubuh kita. Jika kita menggoreng daging dengan minyak apapun, kita tetap tidak akan menghilangkan kadar kolesterol dagingnya. Bukan berarti dengan menggunakan minyak goreng yang baik, kita bebas mengkonsumsi segala jenis bahan makanan berkolesterol. Jadi selain bijak memilih minyak goreng, bijaklah dalam memilih bahan dan jenis makanan yang akan kita makan setiap hari.

      Delete
    3. sy tertarik dengan minyak barco, bisa minta daftar harganya mas, yg 1 ltr, 2 ltr, 5ltr...dll, trimakasih

      Delete
    4. Perkenalkan saya Dani dari PT Bioplast Unggul manufaktur packaging plastik berstandard food grade.Jika Bpk/Ibu memputuhkan packaging untuk kemas produk bisa hub saya di no 081384399688

      Delete
  3. Tabel tersebut menunjukan bahwa Minyak Kelapa adalah jenis lemak paling BURK untuk digunakan. Coba cek definisi Lemak Jenuh dan Tidak Jenuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicek dlu,minyak kelapa wlpn digunakan utk menggoreng sampe habispun ttp aman dikonsumsi/digunakan...klo minyak kelapa sawit paling banyak 2 kali sebaiknya dibuang/tdk digunakan lagi...itu pernyataan langsg dr ahlinya...coba nonton on the spot ttg minyak kelapa dan kelapa sawit...

      Delete
  4. Tabel tersebut menunjukan bahwa Minyak Kelapa adalah jenis lemak paling BURUK untuk digunakan. Coba cek definisi Lemak Jenuh dan Tidak Jenuh.

    Tks
    IWAN
    Jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di bawah gmbar tabel diatas ada link definisi lemak jenuh dan tidak jenuh..

      Delete
    2. Tadinya tertarik sama barco. Pas ngebaca komen di atas, kaget bgt. Trnyata emg kalo diliat keterangan tabel, minyak kelapa paling buruk -.-

      Delete
    3. sejauh yg saya tahu memang minyak kelapa itu saturated fat, tapi, jangan langsung dicap buruk atau jelek. karena dogma bahwa saturated fat/lemak jenuh buruk untuk kesehatan, tapi dari mana dulu asal lemak tersebut. kalau lemak jenuh hewan, sudah pasti mengandung kolesterol, namun klo dari nabati/tumbuhan tidak mengandung sama sekali kolesterol.
      balik lagi ke lemak jenuh minyak kelapa yang sangat tinggi, itu menandakan bahwa minyak kelapa tahan akan pemanasan yang tinggi dibanding minyak sawit, tidak saja minyak kelapanya yg tidak cepat rusak pada saat pemakaian suhu tinggi, makanan pun menjadi tidak cepat rusak terutama kadar protein makanan yg sensitif dengan suhu tinggi (panas). intinya minyak kelapa lebih stabil dan tahan penggorengan bbrp kali daripada minyak sawit. walau begitu, makanan yg digoreng tetap harus dibatasi konsumsinya.

      Delete
    4. Tidak semua lemak jenuh tidak baik, dan sebaliknya tidak semua lemak tidak jenuh baik. Contoh lemak tidak jenuh yang tidak baik adalah omega-6 (berhubung konsumsi omega-6 jaman sekarang selalu melebihi batas). Contoh lemak jenuh yang baik adalah minyak kelapa, karena lemak jenuh minyak kelapa adalah jenis asam lemak rantai sedang yang cocok untuk tubuh manusia. Produsen minyak di benua amerika/eropah cenderung menyembunyikan fakta ini, maklum di sana bahan baku minyak goreng yang tersedia adalah jenis lemak tidak jenuh.

      Delete
  5. aduh jadi yang sehat minyak goreng yang mana ya? huhu jadi bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sih tetap pilih minyak kelapa, coba bandingin aja dipakai menggoreng, minyak kelapa sawit biasanya langsung hitam :)

      Delete
  6. http://www.doctoroz.com/videos/surprising-health-benefits-coconut-oil

    Kalo menurut artikel ini malah lebih bagus.
    Lagipula minyak sawit yg sekarang sudah disaring jadi kandungan vitamin A nya hilang.
    Belajar dari sejarah aja sih, jaman dulu orang menggoreng pakai minyak kelapa kan.

    ReplyDelete
  7. sy tertarik untuk mencoba barco tapi knapa di supermarket2 dkt t4 saya, minyak barco pasti beku gt di dalam kemasannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena titik didihnya yang rendah itu, tapi di suhu ruang cepat cair kok

      Delete
  8. Apakah bagus juga untuk bahan shortening dan margarine?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Mas Yan, setahu saya margarine itu memang dari minyak sawit ya, seharusnya bisa juga dibuat dari minyak kelapa

      Delete
  9. BAGUSAN MANA ANTARA MINYAK JENUH DAN TIDAK JENUH??

    ReplyDelete
  10. Minyak bekatul padi juga bagus.
    coba bisa diliat infonya di: Oryzagrace.com

    ReplyDelete
  11. haloo, tolong diinfokan dimana bisa beli minyak goreng barco?
    dijual dimana saja? trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 3 hari lalu saya beli di giant plaza semanggi. Banyak kok stocknya. Dan kebetulan lg diskon jg jd dpt harga murah.

      Delete
    2. bisa order ke saya 0812-991-4613

      Delete
  12. minyak barco bisa di beli di superindo,, mahal memang tapi irit pemakaian, di pake 8 kali goreng kerupuk juga masih bening2 ajah kayak air gitu.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba, kalau di Bandung aku suka nemu juga di Yogya Supermarket, seringnya sih dulu beli di Lotte Mart. Di Alfa Mart kadang - kadang ada juga.

      Delete
  13. Apakah minyak barco itu VCO dan cocok untuk rambut ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan, minyak barco dibuat dari pengolahan kopra. Untuk rambut sebaiknya pakai virgin coconut oil yang di buat dari santan kelapa yang dididihkan

      Delete
  14. Minyak goreng kelapa seperti Barco, Aroma, Pyramid terbuat dari kopra sehingga perlu proses RBD yg mengurangi kandungan asam laurat yg sehat. Kalau mau lebih sehat, gunakan minyak goreng kelapa murni tanpa prose RBD (refining, bleaching, deodorizing). Dijual di supermarket makanan import seperti Ranch Market, Food Hall, dll harganya lumayan mahal diatas 50rb seliter. Kalau mau lebih murah bisa beli di pasar modern BSD/Serpong Kios K66, GRACIA SHOP.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada nomer kontaknya ? Saya tertarik beli barco dalam jumlah lumayan karena saya bikin kering kentang dan dendeng kering.

      Delete
    2. Bu Esther bisa order Barco langsung dari pabriknya, dengan Pak Sutrisno 083806196403, atau telefon langsung ke kantor Barco di Jakarta 021 6914511.

      Delete
  15. Terima kasih buat semua yg sudah memberi info sangat berguna sekali buat sy dan terutama buat mama sy yg lg dlm masa pemulihan.Semoga kita semua selalu sehat Amin..Terima kasih..

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  17. Gara2 istri saya distributor minyak goreng kelapa sy jadi browsing tema ini dan ketemu lah link ini. Ooh jd emang lbh manfaat dan lbh sedikit mudharatnya dibanding minyak kelapa sawt bahkn dibanding miyak sayur sekalipun. Hayoo siapa mw pesen hehe.. Lokasi jogja bisa COD. Harga 1 liter rp 25.000 produksi kulonprogo WA 085959002269 Buat mbak May pemilik blog ini saya salut tulisannya membantu sekali pemahaman ttg minyak kelapa (bukan) sawit. Makasih.. Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga Mas, wah murah sekali harga minyaknya. Padahal buatnya kan susah. Sukses buat usahanya ya Mas, tetap sehat

      Delete
    2. update harga : sekarang 35 rb/liter kalo ga salah per April 2016

      Delete
  18. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  19. Selamat Siang Ibu May...Perkenalkan saya Martha, saya butuh info lagi dunk buat suplier minyak barco.
    Saya sangat butuh untuk Outlet Resto Perusahaan saya.
    Tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa order ke saya Ibu Martha, 0812-991-4613

      Delete
    2. Bu Martha, bisa order Barco langsung dari pabriknya, dengan Pak Sutrisno 083806196403, atau telefon langsung ke kantor di Jakarta 021 6914511.

      Delete
    3. Pak Yanto fung, bisa kirim ke madiun juga?

      Delete
  20. maaf mau tanya,, apa virgin oil baik jika digunakan untuk menggoreng,, krn dekat rumah ada yg produksi virgin oil rumahan,, n aku suka beli untuk kebutuhan kulit n rambut.

    ReplyDelete
  21. Ga bisa mbak Nina, VCO tidak sama dengan minyak goreng kelapa.. VCO bagus untuk kulit dll tp bukan minyak goreng :))

    ReplyDelete
  22. mau tanya dunk saya mau pakai minyak goreng ini.
    apakah minyak goreng barco cuma bagus buat gorengan saja bagaimana dengan masakan yang di tumis dll.

    Makasih.

    ReplyDelete
  23. Mbak di bppn dimana uah ada jual minyak barco

    ReplyDelete
  24. Sya ada sakit lmah jntung,..dr ahli kshtan sya disarankan mmkai minyak beras/..boleh jg minyak klpa dg merk b***o..yg mudah dicerna oleh pncrnaan sya yg lmah,..mskpn baik digunakan,..bkan brrti tiap hari kita makan gorengan terus yaa,.hee smga brmnfaat

    ReplyDelete
  25. Sya ada sakit lmah jntung,..dr ahli kshtan sya disarankan mmkai minyak beras/..boleh jg minyak klpa dg merk b***o..yg mudah dicerna oleh pncrnaan sya yg lmah,..mskpn baik digunakan,..bkan brrti tiap hari kita makan gorengan terus yaa,.hee smga brmnfaat

    ReplyDelete
  26. Politik sawit, mbah sya sehat bugar pake minyak kletik nama d desa klo d kota minyak kelapa. Masakan jd gurih aroma sedap plus tidak terlalu berminyak.

    ReplyDelete
  27. Bisa langsung dikonsumsi ga minyaknya?

    ReplyDelete
  28. kalau perlu minyak Barco bisa hubungi saya, suhandi di 081585030500. Khusus wilayah jabodetabek saja, murah, dan diantar. Saya ada channel langsung ke pabrik.
    Reply

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minimal pembelian brapa banyak pak ?

      Delete
    2. 1 dus ibu dewi, telpon atau wa ke saya aja ibu dewi, terimakasih

      Delete
    3. Brp harganya per Liter pak suhandi

      Delete
  29. Terima kasih informasinya. Saya semakin mantap menggunakan minyak barco untuk menggoreng ataupun menumis.

    ReplyDelete
  30. mau tanya, klo menggoreng pake minyak barco koq wajannya spt berair gt ya. apa itu yg dibilang titik didih? tp menggoreng pake myk barco emg minyak ga lengket di makanan. utk daerah aceh barco msh mahal per 2L harganya di suzuya 73.750. dan cm ada di suzuya. krn mahal jd sy dg pake minyak jagung yg merk CCO

    ReplyDelete
  31. Org china suka makan bawang putih.. itu bagaikan cemilan bagi mereka.. mau itu dimakan langsung,dijadiin asinan, masakan dll.. berbeda dg org indo.. ga pernah kn liat org indo gadoin bwg putih.. maybe thats whay

    ReplyDelete
  32. Saya di pelaihari kalsel, gudangnya sawit. Ada info minyak kelapa murah di dekat sini ga ya?

    ReplyDelete
  33. Dari tabel itu, minyak kelapa memang terburuk. Tapi terbaik jika digunakan untuk high temperatur fry. Krn sifatnya yg stabil.

    Sebaliknya, zaitun dan canola adlh yg terbaik. Tp terburuk untuk menggoreng suhu tinggi.

    Jd bijaklah mnggunakannya. Jika ingin buat kulit, rambut, atau diminum sbgai suplementasi, zaitun dan canola tiada tanding. Tp buat goreng berulang2 dngn suhu tinggi, barco ini juaranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini paling sesuai sm pendapat saya sih.. Setelah mempelajari perminyak gorengan, ternyata justru minyak yg ga sehat itu yg dipakai di negara tropis, yaitu palm oil sama coconut oil. Tp emg dua itu paling murah dan stabil dipakai buat suhu tinggi

      Delete
  34. Saya baru beli minyak barco yg 2 liter. Pas dipakai menggoreng , kenapa berbusa ya ?? Apakah mmg seperti itu. Atau minyak yg saya beli tidak asli? Karena saya beli online. Trimakasih.

    ReplyDelete