Pages

Monday, February 11, 2013

First Aid for Baby

Siang ini status FB seorang teman menanyakan obat untuk bayinya yang sedang kena batuk pilek. Klik, di kepala saya langsung teringat salah satu obat mujarab di kotak obat Cici. Tapi kok lupa ya namanya, hmmm karena lama tidak dipakai saya jadi lupa merk-nya. Googling sebentar dan alhamdulillah dapat, Sterimar Baby namanya.

Benarlah kata orang bijak : Tinta yang paling tipis pun akan lebih baik daripada ingatan yang paling tajam. Jadi sebelum menjadi pikun, marilah rajin menulis, apapun itu.

Kali ini, melanjutkan topik Sterimar di atas, saya ingin mengingat - ingat isi kotak obat Cici. Mudah - mudahan bisa membantu saya yang pikun ini dan siapa tahu juga bermanfaat bagi para Ibu yang juga sama - sama belajar seperti saya. Oiya, ini murni pengalaman pribadi ya, saya bukan dokter dan alhamdulillah baru 3.5 tahun saja menjadi Ibu :)

Berikut list peralatan dan obat - obatan wajib ada di rumah dan sebaiknya dibawa kemanapun bepergian menginap :

Termometer
termometer digital
http://www.ebaby.co.uk
Penting banget untuk mengukur suhu. Mengukur suhu dengan telapak tangan sangat - sangat tidak direkomendasikan. Tidak terukur dan error-nya tidak pasti. Ada beberapa jenis termometer yang beredar di pasaran, mulai dari termometer raksa, strip, arteri dan digital. 

Termometer raksa tidak lagi dianjurkan karena mudah pecah dan raksa bisa menguap dan terhirup. Termometer strip kurang akurat karena suhu lingkungan bisa mempengaruhi suhu manusia yang diukur. Termometer arteri cocok untuk bayi berusia diatas 3 bulan hingga dewasa, harganya lebih mahal dari termometer jenis lainnya. Rekomendasi terbaik adalah termometer digital, jenisnya juga bermacam - macam, ada termometer digital biasa, termometer digital telinga, dll. Andalan Cici termometer digital biasa merk Chico. Beli di Lavie Bandung, harganya 78 rb, alhamdulillah dibeli bulan Mei 2009 dan awet sampai sekarang. 


Balsam Transpulmin BB
Transpulmin BB
http://medicastore.com
Batuk pilek sepertinya penyakit langganan bayi, apalagi di musim hujan kaya gini. Cuaca berubah tak menentu, bikin gampang sakit. Transpulmin BB (baby balsam) mungkin salah satu solusinya. Oleskan Transpulmin BB tipis - tipis ke dada, leher dan punggung untuk memberikan efek hangat dan melegakan. Kandungan utamanya adalah minyak Eucalyptus (serasa koala heuheu).

Cici suka banget diolesin Transpulmin, sampe sekarang kalau batpil pasti pengen langsung diobatin :D, alias dipijat - pijat pakai Transpulmin. Mudah didapat di apotik mana saja, obat bebas tanpa resep dokter. Kalau ga salah harganya 42 rb untuk kemasan 20 gram. Untuk kasus Cici bisa awet sampai 6 bulanan. Lebih lanjut tentang Transpulmin, silakan dicek di sini ya.

Parasetamol
Sama seperti batuk pilek, baby demam itu biasa. Demam bukan penyakit lho, jadi ngga ada obat demam sebetulnya. Demam merupakan pertanda sistem pertahanan tubuh sedang bekerja. Penyebab utama deman adalah infeksi, terutama infeksi virus. Bila tubuh berhasil melawan si virus, maka suhu tubuh akan kembali normal dengan sendirinya. Tipsnya, pastikan anak tetap makan dan minum, terutama minum, perbanyaklah agar tidak dehidrasi. Pantau terus suhu tubuhnya dengan menggunakan termometer. Panas dapat diturunkan secara alami dengan kompres air hangat atau berendam di bak dengan air hangat. Cici biasanya kalau demam langsung disuruh berendam di bak, anak senang, panas turun, ibu tenang hehe.

Oiya, batasan demam itu lebih dari 37 derajat ya. Walaupun demam tinggi, usahakan sesedikit mungkin menggunakan obat penurun panas. Biasanya di rumah kami sedia Parasetamol syrup dan Parasetamol yang dimasukkan lewat dubur (merk Dumin) untuk kondisi darurat. Segera ke dokter bila demam sudah 3x24 jam. Setelah 3 hari demam biasanya dokter akan menyarankan test darah untuk mengetahui penyebab demam.

Kelupaan, parasetamol ini ada dosisnya lho, cara paling mudahnya adalah sesuai berat badan anak. Dosis tertinggi yang bisa diberikan adalah 15 mg per 10 kg BB untuk setiap kali minum. Selain itu Parasetamol hanya boleh diberikan max 4 kali dalam sehari ya.

Nah Cici ini paling ga suka minum Parasetamol, pasti dimuntahin. Akhirnya kalau demam obatnya hanya disuruh minum juice yang banyak, berendam air hangat dan dipelukk :)

Sterimar Baby
Sterimar ini jawara banget, dan lagi - lagi untuk urusan batuk pilek. Pertama kali kenal Sterimar dari dr. Margaretha, dokter anak di RSIA Kemang Medical Care. Paling cocok untuk membantu mengencerkan ingus untuk anak - anak. Menggunakannya mudah, cukup disemprotkan saja ke lubang hidung. Kandungan Sterimar ini air laut alias NaCl, efeknya kaya lagi main di laut deh, semua pilek hilang. Kadang kita suka pakai juga kalau hidung lagi mampet ga sembuh - sembuh. 

Tapi Sterimar ini kayanya memang agak susah ditemukan dan harganya cukup mahal. Tapi sesuai lah dengan khasiatnya. Awet juga kok, Cici 3 tahun sepertinya baru habis, itupun karena banyak dibajak sama orang tuanya :)

Lebih lanjut tentang Sterimar silakan mampir disini : http://www.netdoctor.co.uk/ear-nose-and-throat/medicines/sterimar-baby.html

Sekian dulu, nanti disambung lagi ya

6 comments:

  1. waaah... bagus informasinya.. dicontek aaah..
    Makasiih.

    ReplyDelete
  2. halo bund nanya dong, sterimar baby emg semprotannya kenceng gitu ya? saya baru berhasil semprot ke 1 idung aja gak tega mau semprot ke idung satunya abis kenceng bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba Merlin, maaf baru baca comment-nya. Iya Mba, memang agak kencang, dulu anakku juga sempat nangis trus agak takut kalau dibilang mau disemprot. Coba dari jauh semprotnya Mba, jadi kemana-mana sih, tapi ga terlalu kencang jadinya

      Delete
  3. Sterimar memang rekomen banget. Konsepnya seperti wudlu kalau orang dewasa menghirup air di hidung kemudian disemprotkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, betul banget. Kita juga suka pakai kalau lagi pilek, ada Sterimar dewasa ternyata :)

      Delete