Pages

Wednesday, August 1, 2007

Sokola Rimba - Pengalaman Belajar Bersama Orang Rimba

Tadi malam saya selesai membaca sebuah buku yang luar biasa : Sokola Rimba judulnya. Diperoleh secara tidak sengaja di sebuah toko buku diskon di Bandung, covernya langsung membuat saya tertarik, Butet bersama anak - anak asuhannya di Sokola.

Saya langsung tertarik membaca bagian mengenai : Kak Butet Manurung. Siapakah dia ? Seorang wanita yang rela masuk dan tinggal di hutan selama bertahun - tahun untuk mengajar baca dan tulis untuk anak - anak Orang Rimba (OR) di hutan Bukit Tigapuluh, Jambi.

Kak Butet ternyata seorang sarjana Antropologi dari UNPAD Bandung, sekaligus sarjana Sastra Indonesia dari universitas yang sama. Selepas kuliah ia bergabung dengan WARSI (Warung Konservasi) Jambi dan bekerja sebagai fasilitator pendidikan. Sejak tahun 1999 hingga sekarang Kak Butet mengabdikan dirinya bekerja sebagai guru dan mendirikan "sokola" untuk anak - anak di berbagai daerah di Indonesia (Jambi, Flores, Makassar, dan Aceh).

Buku ini merupakan catatan harian Kak Butet selama mengajar anak - anak OR dan sedikit kisah mengenai didirikannya "Sokola". Halaman pertama buku ini langsut terekam kuat dalam ingatan saya :

Hari - Hari Pertama di Rimba - Menuju Jambi
"Jangan katakan ini hari pertama aku bekerja, aku tidak suka kata itu. Lebih baik disebut ini adalah hari pertama aku memulai hidup"


Selanjutnya Kak Butet bercerita mengenai hari - hari pertamanya di WARSI, hari - hari pertama masuk hutan dan berkenalan dengan OR. Mengajar anak - anak di sana bukanlah hal yang mudah. Jangankan mengajar, untuk menjadi teman saja membutuhkan waktu yang sangat lama. Banyak kisah menarik diceritakan di buku ini. Kak Butet berhasil, sekarang OR sudah ada yang bisa membaca dan menulis, bahkan mereka dapat menjadi kader untuk mengajar saudara - saudaranya yang lain.

Buku yang sangat menginspirasi, buat yang ingin menjadi volunteer ada kesempatan dari Sokola untuk mengajar. Hmmm nabung cuti dulu, semoga tahun depan bisa berangkat

Category: Books
Genre: Other
Author: Butet Manurung
Lebih lanjut tentang sokola : www.sokola.org

No comments:

Post a Comment